RAHMAT

Gangguan Pada Sisem Pencernaan

Posted by romansah pada Februari 25, 2009

Sistem pencernaan bisa mengalami gangguan, baik gangguan terhadap kelenjar pencernaan maupun saluran pencernaannya sendiri. Apabila kelenjar pencernaan mengalami gangguan maka dapat mengenai enzim-enzimnya sehingga dapat mengganggu proses pencernaan secara keseluruhan.

Gangguan pencernaan dapat berupa radang atau infeksi. Radang tersebut dapat mengenai mulut, lambung, usus kecil dan usus besar, serta umbai cacing (apendiks). Radang juga dapat mengenai kelenjar pencernaan seperti radang pada kelenjar parotis (parotitis) dan radang pada hati atau biasa dikenal dengan hepatitis. Radang pada dinding lambung dapat menyebabkan tukak lambung yaitu luka pada lapisan mukosa dinding lambung. Radang pada usus buntu disebut dengan apendisitis. Radang pada usus halus sering dijumpai kerena infeksi pada penyakit tifus yang menyebabkan demam tinggi. Radang pada usus besar yang sring disebabkan oleh bakteri atau amoeba dapat menyebabkan disentri atau kolera yang menimbulkan gejala diare.

Pada anak-anak yang sering dijumpai adalah adanya cacing yang menhuni dalam usus halus maupun usus besar dan bersifat parasit. Misalnya cacing gelang, cacing tambang dan cacing kremi. Selain itu masih banyak lagi penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem pencernaan seperti kolitis (peradangan pada kolon), kejang usus, kanker dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: