RAHMAT

Pembagian Jenis Herba

Posted by romansah pada Februari 16, 2009

Berdasarkan cita rasa dan sifatnya herba bisa diklasifikasikan diantaranya sebagai berikut :

Herba Pahit

Adalah herba yang dapat dipergunakan untuk proses detoksifikasi (penghilangan racun) terutama di hari.  Contoh herba pahit adalah  pohon Empedu Bumi (Endrogapis paniculata).  Harba pahit perlu disinerrgikan dengan herba yang mempunyai sifat  melawaskan atau melancarkan pembuangan air besar.  Bagi pasien penderita buah pinggang (ginjal) yang telah menggunakan mesin hemodilisis perlu hati-hati menggunakan herba jenis ini, karena kesan herba ini akan menjadikan darah beku dalam mesin sewaktu proses pencucian darah dilakukan.  Pengambilan herba pahit yang berlebihan dapat mengakibatkan kulit kehilangan rasa (baal)

Herba Dingin (sejuk)

Yaitu herba yang bisa membuang suhu tubuh yang berlebihan dalam badan.  Biasanya herba-herba ini akan mengeluarkan panas melalui urin (air kencing).  Tindakan ini disebut diuretic.  Dengan mengeluarkan air seni suhu dalam tubuh akan distabilkan.

Setiap herba diuretik bersifat antihipertensi (menurunkan tekanan darah tinggi) dan mamberi kesan antipiuretik (penurun panas), anti peradangan dan anti kanker.

Ciri-ciri herba diuretik antara lain : monokotil (berbiji tunggal), akar serabut, berduri.  Contoh ilalang, tongkat ali, mempelas, bayam duri, petai, jering, belimbing, kopi, dll.

Herba diuretik sering digunakan untuk memcah batu karang, membersihkan (filter) ginjal, demam panas, menurunkan kadar gula dalam darah.

Penggunaan herba diuretik harus disertai dengan minu air banyak, jika tidak, dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi.

Herba Panas

Yaitu herba yang diberikan kepda penderita penyakit yang bersifat sejuk.  Kebanyakan berasal dari herba yang mempunyai minyak asiri.  Gejala sejuk dingin sering dihubungkan dengan masalah angin dalam tubuh.

Herba Pelawas

Berfungsi melancarkan proses pembuangan air besar.  Salah satu fokus pengambilan herba adalah menghilangkan keracunan di dalam usus.  Sembelit salah satu implikasi adanya toksin daam tubuh.  Mencret (diare) juga menunjukan adanya toksin yang terlalu tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: